LOGO YEI 2021-04
Kadek Mutiara Valentina Bertekad Perkenalkan Kuliner Bali Kepada Dunia

Bali bukan hanya kaya akan destinasi wisata alam, namun jantung pariwisata Indonesia itu, juga memiliki beragam kuliner. Tidak salah jika Bali sebut  sebagai  wisata kuliner unggulan yang dimiliki Indonesia, bahkan Bali juga digadang-gadang sebagai wisata kuliner dunia.

Kuliner menjadi salah satu unsur pembentuk pariwisata. Bahkan, di negara-negara Eropa dan Amerika Serikat, sudah ada tur khusus wisata gastronomi, tidak hanya sebatas wisata kuliner. Di Indonesia sendiri, wisata kuliner masih menjadi pemanis atau pelengkap dari tur wisata ketika mengunjungi suatu daerah, sedangkan wisata gastronomi masih sangat jarang.

Oleh karena itu,  Bali dihadirkan untuk membuktikan bahwa kuliner bukan  hanya menjadi pelengkap, tetapi bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang. Beraneka macam kuliner bisa ditemukan di Bali mulai makanan khas Bali sendiri, nasional hingga internasional. Apalagi, keindahan alam Bali  dapat menambah suasana menikmati kuliner di Bali tidak terlupakan.

Melihat potensi kuat tersebut, Miss Culinary Tourism Indonesia 2021 Kadek Mutiara Valentina terpanggil untuk ingin melestarikan dan mempromosikan kuliner Bali. Sejumlah program kerja pun sudah disusun gadis cantik kelahiran 14 Februari 2001 itu, salah satunya adalah festival kuliner.

“Tiara berkolaborasi dengan sejumlah komunitas akan membuat sebuah Festival Kuliner itu yang pastinya bertempat di Bali tetapi untuk Festival Kuliner tersebut itu ada kuliner di seluruh Indonesia jadi masyarakat Bali dan juga masyarakat yang di luar Bali bisa berkunjung ke Bali untuk mencoba kuliner kuliner di seluruh Indonesia,” kata Tiara saat diwawancarai tim liputan EL JOHN News.

Festival kuliner yang diinisiasi Tiara akan digelar jika kondisi sudah benar-benar aman dari pandemi Covid-19, apalagi saat ini muncul ancaman varian baru Omicron yang telah terdeteksi di Indonesia.

Seperti diketahui, Bali selalu dipilih menjadi festival kuliner,  sebut aja ada Ubud Food Festival.  Festival ini adalah petualangan kuliner lintas budaya selama tiga hari dengan makanan Indonesia sebagai bintangnya. Menampilkan masakan Indonesia yang beragam, koki inovatif, dan produk lokal yang luar biasa telah menjadi inti dari setiap UFF. Setiap tahun, Festival menyambut penonton dan koki dari dekat dan jauh untuk belajar tentang Indonesia melalui masakannya.

Selain akan menggelar festival kuliner, program lainnya yang dijalankan Tiara adalah mempromosikan kuliner  Bali kepada dunia melalui media sosial. Promosi tersebut kini sedang dijalankan Tiara, bahkan lebih gencar. Hal ini dilakukan  agar wisatawan dapat mengenal lebih dekat kuliner yang ada di Bali dan ada rasa penasaran wisatawan untuk mencicipinya sehingga memutuskan untuk berkunjung ke Pulau Dewata.

Tiara menyebut sosial media menjadi wadah yang efektif dalam mempromosikan atau memperkenalkan suatu produk termasuk kuliner. “Sangat efektif ya, Tiara sudah membuktikan apa yang Tiara posting khususnya kuliner Bali sudah banyak dikomentari follower Tiara, bahkan mereka ada yang ingin datang ke Bali untuk merasakan kuliner-kuliner tersebut,” ungkap Tiara.

Tiara pun juga siap berkolaborasi dengan pemerintah maupun stakeholder pariwisata untuk membangun kuliner Bali sebagai kuliner yang paling dicari wisatawan. Tiara menilai kolaborasi merupakan cara yang ampuh dalam mencapai tujuan bersama.

Dalam kesempatan ini Tiara mengajak generasi muda untuk mencintai kuliner Indonesia. Bangga dengan makanan negeri sendiri adalah salah satu upaya dalam melestarikan kuliner-kuliner lokal. Tiara ingin generasi muda meninggalkan kebiasan untuk makan makanan impor. Saat ini gerai makanan impor sudah menjamur namun kondisi tersebut tidak boleh dijadikan alasan untuk melupakan makanan di daerah sendiri.

“Sangat disayangkan ya sekarang banyak gerai makanan dari luar sana, malah yang makanan sendiri sedikit gerainya. Jadi saya ingin mendorong generasi muda lebih mencintai makan daerah sendiri, dengan mencintai makanan sendiri maka sudah ikut melestarikannya,” tutur Tiara.

Pada kesempatan ini Tiara tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Yayasan EL JOHN Indonesia yang telah memberikan wadah untuk berprestasi dan berkarya. “Terima kasih untuk Yayasan EL JOHN Indonesia yang sudah menyediakan wadah khususnya bagi kami kaum muda untuk bisa mengembangkan diri dan role model untuk kaum muda lainnya,” kata Tiara.

Tiara juga menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak yang mendukungnya terutama tim yang telah bekerja keras membantu Tiara di pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2021 yang diselenggarakan Yayasan EL JOHN Indonesia

“Ini adalah rezeki Tiara, yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Dan juga ditambah dukungan dari orang tua dan tim. Kepada tim, yang sudah bekerja keras Tiara ucapkan terima kasih karena sudah membantu Tiara dari awal pemilihan hingga mendapat gelar Miss Culinary,” ujar Tiara. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *