LOGO YEI 2021-04
Paolin Thunggono Terpilih Sebagai Miss Chinese Indonesia 2023

KBRN, Jakarta : Grand final pemilihan Miss Chinese-Indonesia 2023 berlangsung meriah di Sun City Restaurant, Gedung LTC Glodok,Jakarta Barat, Rabu malam (29/11/2023). Dari 21 orang finalis, mengerucut  menjadi 10 besar kemudian menyisakan 6 kandidat. 

Di babak ini, finalis menjawab pertanyaan yang diajukan dewan juri mengenai akulturasi budaya Tionghoa-Indonesia, kiat-kiat membangun masa depan hingga peran teknologi digital. penilaian terhadap finalis tidak hanya saat malam grand final saja, namun sudah dilakukan sejak masa karantina mulai pada tanggal 24-30 November 2023.

Usai menjalani beberapa sesi penilaian, dewan juri akhirnya memutuskan Paolin Thunggono berhak menyandang Miss Chinese-Indonesia 2023.

"Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensupport. Terkhusus dibalik kesuksesan ini ada do'a dari orang tua," ujarnya.

Paolin Thunggono menambahkan, kepercayaan yang telah diberikan kepadanya untuk menjadi Miss Chinese-Indonesia akan dimanfaatkan sebaik-baiknya, terutama untuk terus mengenalkan budaya leluhur tidak hanya di dalam negeri tapi juga luar negeri.

"Tentunya melalui personal branding di media sosial, saya akan menyebarluaskan budaya Tionghoa agar semakin dikenal dan dicintai. Tidak hanya itu, kolaborasi pun akan dilakukan agar warisan leluhur tetap terjaga," katanya.

Sebagai generasi muda lanjutnya, tidak boleh melupakan esensi kita terutama budaya dari generasi muda Tionghoa di Indonesia, karena itu merupakan sesuatu yang sangat berharga.

Sementara itu, Ketua Yayasan El John Indonesia Martinus Johnnie Sugiarto mengucapkan selamat kepada finalis yang meraih gelar dalam ajang ini. Sesuai tema yang diangkat "Let's Build A Limitless Future" pihaknya ingin mendorong generasi muda Tionghoa Indonesia untuk menatap masa depan yang tidak terbatas.

"Generasi muda Tionghoa Indonesia harus mempunyai pengalaman dan keberanian untuk berjuang agar sukses baik secara nasional maupun global," kata Tokoh Pariwisata Nasional ini. 

Martinus berharap seorang Miss Chinese Indonesia harus dapat menjadi sumber kekuatan dan kebanggaan dalam menghadapi segala tantangan, baik tantangan yang muncul dari sumber daya manusia maupun sumber daya alam.

"Tantangan dan kesempatan ini bila dipakai secara tepat sasaran, maka Indonesia pasti nanti akan menjadi negara terbesar dan termakmur keempat di dunia," ujarnya. 

Pada kesempatan ini, Martinus mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung pelaksanaannya pemilihan Miss Chinese Indonesia 2023.

"Dalam kesempatan ini saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh dewan penasehat Miss Chinese Indonesia 2023, hewan juri kehormatan, dewan juri panel serta pemberi materi pembekalan selama di karantina,para sponsor, panitia dan para finalis beserta keluarganya yang telah mendukung ajang ini," ucap Martinus.

Ada lima dewan juri yang menilai penampilan antara lain, Eksekutif Vice President Contact Center & Digital Service Bank Central Asia Wani Sabu sebagai Ketua Dewan Juri.  Kemudian budayawan Tionghoa Dr Hasan Karman SH MM, content creator ruby Herman, Miss Chinese Indonesia 2021 Marcella Mulyawan ba MSC, Putri pariwisata Indonesia 2023 ling-ling Saputri. 

Sementara itu, untuk juri kehormatan antara lain Presiden direktur Bank sentral Asia Jaja Setiaatmaja sebagai Ketua dan Martinus Joni Sugiarto ketua Yayasan Al John Indonesia sebagai anggota.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *