LOGO YEI 2021-04
Budaya Tionghoa Makin Lestari dengan Kontes Ini

Jakarta - Untuk makin mengenalkan dan juga melestarikan kebudayaan Tionghoa, ajang kontes kecantikan Miss Chinese Indonesia 2023 digelar di Jakarta.
Pemilihan Miss Chinese Indonesia 2023 yang digelar Yayasan El John Indonesia ini mengangkat tema 'Lets Build a Limitless Future'. Tak hanya sekedar cantik saja, ada banyak aspek yang dinilai dalam kontes ini.

Ketua Umum Yayasan El Jhon Indonesia Martinus Johnnie Sugiarto mengatakan, ajang kontes kecantikan ini untuk mendorong Generasi Muda Tionghoa bisa tetap melestarikan Budaya Tionghoa agar tetap bertahan dan semakin berkembang, serta berakulturasi dengan budaya lokal yang sangat beragam.

"Dengan kontes ini, diharapkan generasi Tionghoa Indonesia terus belajar dan berani naik ke panggung dunia, punya networking dengan generasi Tionghoa dari seluruh Dunia untuk membangun masa depan yang lebih baik," ujar Johnnie dalam keterangannya, Jumat (1/12/2023).

Malam Grand Final kontes ajang tersebut berlangsung secara meriah di Suncity Restaurant, Gedung LTC Glodok, Jakarta Barat. Para finalis dinilai oleh 5 dewan juri, salah satunya adalah Budayawan Tionghoa, Dr Hasan Karman.

Dewan juri mengerucutkan jumlah finalis sebanyak dua kali yakni 10 besar dan 6 besar. Di babak 6 besar, finalis yang lolos harus menjawab pertanyaan para dewan juri, seputar akulturasi budaya Tionghoa-Indonesia.

Hasilnya, gadis bernama Paolin Thunggono keluar sebagai pemenang gelar Miss Chinese Indonesia 2023. Paolin pun merasa bangga dirinya dapat meraih gelar prestisius dari kontes bergengsi ini.

"Perasaan saya tentunya bahagia ya dan senang sekali dan merasa sangat mengetahui karena terpilih menjadi Miss Chinese Indonesia. Saya merasa sangat berterima kasih kepada semua orang yang telah mensupport saya dan juga telah memberi dukungan. Thank you so much guys," ucap Paolin.

ohnnie pun mengucapkan selamat kepada para pemenang. Dia berpesan, agar generasi muda Tionghoa siap menghadapi tantangan masa depan dan melestarikan kebudayaan nenek moyang.

"Generasi muda Tionghoa Indonesia harus mempunyai pengalaman dan keberanian untuk berjuang agar sukses baik secara nasional, maupun Global," kata Tokoh Pariwisata Nasional ini.

"Tantangan dan kesempatan ini bila dipakai secara tepat sasaran maka Indonesia pasti nanti akan menjadi negara terbesar dan termakmur keempat di dunia," tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *