LOGO YEI 2021-04
Isabella Wibowo: Jejak Digital Tidak Pernah Bisa Dihilangkan

Di era teknologi yang semakin canggih, kini banyak hal yang beralih ke digital, seperti mobile banking, pembayaran melalui dompet digital, dan masih banyak lagi. Selain itu, sebagian besar masyarakat juga menggunakan media sosial dengan berbagai platform. Namun, maraknya penggunaan media sosial membuat orang-orang salah memanfaatkannya.

“Jejak digital tidak pernah bisa dihilangkan. That’s a problem, jadi kalau mereka istilahnya tidak aware seberapa penting ke depannya pasti akan nyesal antara kesandung masalah dan lain sebagainya. Jadi sebelum terjadi itu semua, kalau mereka sudah tahu bagaimana cara mempergunakan dengan baik bukan cuma bikin mereka aman doang, tapi juga bisa bikin jalan ke depannya lebih lapang,” ucap Strategic Partner Manager Google Indonesia Isabella Wibowo saat memberikan pembekalan kepada seluruh finalis Putri Pariwisata Indonesia 2023 di Permata Hijau Suites, Jakarta Selatan pada Jumat (15/9/2023).

Namun, semakin canggih teknologi ternyata dimanfaatkan oleh oknum untuk membobol akun dan merugikan korban. Oleh karena itu, Bella mengatakan bahwa agar akun tidak kebobolan, maka dapat mengikuti langkah-langkah di setiap platform. Bila kehilangan password, maka tidak dapat masuk ke akun tersebut.

“Pasti ada pilihan i can’t access this account itu ikuti saja. Masukkin informasi yang diminta dengan sebaik-baiknya perangkat-perangkat yang pernah mereka pakai sebelumnya untuk login ke akun tersebut,” katanya.

Bella mengatakan, bila perangkatnya atau teleponnya hilang, maka bisa memakai koneksi internet yang biasa dipakai. Selain itu, gunakan password yang berbeda di setiap akun agar meminimalisir kebobolan. Supaya tidak lupa saat ingin login, penting untuk menyimpan informasi seperti email dan password ke dokumen pribadi.

“Paling gampang jangan pakai password yang sama. Passwordnya jangan yang paling gampang kayak banyak orang yang pakai. Password pakai tanggal lahir paling tidak boleh sebenarnya, terus password tidak pernah diganti itu paling sering kejadian. Jadi antisipasi preventionnya lebih penting dibanding sudah kebobolan karena tidak semua akun yang kebobolan bisa balik,” ucapnya.

Akun yang dibobol sudah terjadi cukup lama. Oleh karena itu Bella memberikan pesan untuk hati-hati, terlebih menggunakan wifi di tempat umum meski sekarang biasanya sudah ada anti virus, anti malware di perangkat.

“Wifi di tempat umum yang gratisan karena kita tidak tahu wifi routernya sudah compromise atau tidak. Sudah diotak atik sama orang atau tidak. Soalnya di cafe-cafe misalnya, wifi routernya suka taruh di bawah, siapa saja bisa pegang, siapa saja bisa plug in anything. Kalau lihat wifi router kan ada kabel-kabel yang bisa dimasukkin kan, itu bisa saja merekam whatever yang kita ketik kalau login ke wifinya,” katanya.

Bella memberikan pembekalan kepada seluruh finalis Putri Pariwisata Indonesia 2023 mengenai online branding, self branding, personal branding di digital. Hal ini penting diketahui oleh semua orang untuk peduli dan bisa menggunakannya dengan baik. Menurut Bella, adanya pemilihan Putri Pariwisata Indonesia dapat menjadi batu loncatan atau pembelajaran agar ke depannya menjadi pribadi yang lebih kuat dan berdampak kes semua orang.

“Semua experiencenya kan tidak semua orang bisa dapat, tidak semua orang bisa dengerin materi-materi yang dibawain juga koneksi yang diberikan, jangan dibiarin kesempatan ini lewat begitu saja. Jadi lebih benar-benar dimanfaatkan termasuk dengan networking dengan sesama finalis. Kita tidak tahu siapa tahu yang duduk di sebelah kita jadi Gubernur one day jadi CEO one day we dont know,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *