LOGO YEI 2021-04
Putra Putri Kopi Indonesia 2023 Bertekad Promosikan Pariwisata Indonesia

Abdul Aziz perwakilan Kalimantan Selatan dan Hilda Karolina perwakilan Sumatera Utara, terpilih menjadi runner up kedua sebagai Putra Putri Kopi Indonesia 202

https://yayasan.eljohn.id/2023/08/30/peduli-lingkungan-david-farella-christhoper-tanam-mangrove-di-pantai-tirang-bersama-bem-fisip-undip/
https://yayasan.eljohn.id/2023/08/22/pendaftaran-putri-pariwisata-indonesia-2023-telah-dibuka-ini-syarat-dan-link-formulirnya/
https://yayasan.eljohn.id/wp-admin/post.php?post=2593&action=edit

3 dalam ajang bergengsi Putra Putri Pariwisata Nusantara 2023.

Abdul mengatakan bahwa selama karantina, ia merasakan kekeluargaan yang mendalam antar finalis. Meski begitu, para finalis juga tidak lupa tujuan awalnya yaitu untuk berkompetisi di kancah nasional.

“Tujuan saya untuk datang ke pemilihan Putra Putri Pariwisata Nusantara adalah untuk memberikan yang terbaik dan mengharumkan nama Kalimantan Selatan. Ketika nama saya dipanggil waktu Top 10, tentu luar biasa senang banget karena ini sebuah mimpi yang menjadi kenyataan. Diberi bonus lagi untuk menyandang gelar sebagai second runner up dan juga menjadi Putra Kopi Indonesia 2023,” ucap Abdul.

Keiikutsertaan Abdul dalam pemilihan Putra Putri Pariwisata Nusantara 2023, membuatnya ingin menyuarakan keindahan Kalimantan Selatan kepada masyarakat Indonesia bahkan dunia. Abdul mengungkapkan, Kalimantan Selatan khususnya di sektor pariwisata, sudah memiliki daya saing dan potensi yang cukup untuk dapat disandingkan dengan pariwisata kelas dunia, terlebih Kalimantan Selatan juga sedang mempersiapkan Meratus Geopark yang diajukan ke UNESCO Global Geopark pada Oktober mendatang.

“Menurut saya, dengan hadirnya Geopark di Kalimantan Selatan, daerah saya bisa lebih dikenal dunia karena Indonesia sangat kaya akan keindahan pariwisata dan lain-lain. Ini menjadi salah satu dorongan bagi kami masyarakat Kalimantan Selatan agar dunia mengenal Indonesia dalam hal pariwisatanya,” kata pria yang lahir pada 4 Oktober 1998.

Kesuksesan Abdul tentu tidak lepas dari orang-orang yang telah mendukungnya, salah satunya adalah keluarga yang selalu ada di sisinya. Abdul mengatakan, pemilihan Putra Putri Pariwisata Nusantara 2023 adalah ajang pageant keempatnya, tetapi baru kali ini ia masuk ke tingkat nasional.

“Alhamdulillah karena mereka (keluarga) selalau percaya apa yang sudah saya pilih. Pasti mereka akan selalu memberikan dukungan semaksimal mungkin yang mereka bisa agar apa yang saya inginkan tercapai dan dijalankan dengan cara yang baik,” kata Abdul.

Selain itu, Abdul juga mengucapkan rasa terima kasih kepada Yayasan El Joh Indonesia, khususnya Martinus Johnnie Sugiarto selaku Ketua Umum Yayasan El John Indonesia dan Bagas Siregar selaku General Manager El John Pageant, yang sudah mewujudkan mimpi para pemuda pemudi Nusantara dan mempertemukan di ajang nasional.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan mohon maaf apabila dari Kalimantan Selatan ada memiliki kesalahan yang tidak sengaja maupun sengaja. Sukses selalu untuk Yayasan El John Indonesia. Teruslah menjadi wadah bagi pemuda-pemudi Indonesia untuk dapat mengukir prestasinya dan memberikan dampak bagi masyarakat sekitar,” ucap Abdul.

Pria yang hobi bernyanyi dan olahraga ini, aktif di salah satu NGO di Kalimantan Selatan, yaitu Sahabat Bekantan Indonesia. Abdul bersama timnya melakukan konservasi bekantan dan habitatnya, serta juga sebagai local guide.

Abdul menjelaskan, populasi bekantan dari tahun ke tahun semakin menurun. Maka dari itu, ia bersama timnya mencoba untuk merestorasi kembali lahan-lahan yang sudah tidak menjadi habitat bekantan dengan membeli tanah untuk menanam mangrove rambai sebagai, yang mana tanaman tersebut sebagai salah satu habitat bekantan.

“Kita bergerak dari tahun 2016 sampai sekarang. Awalnya populasi bekantan yang habitatnya di tempat kami cuma 14, sekarang Alhamdulillah sudah berkembang menjadi sekitar 40 karena bekantan ini sangat sensitif. Jadi ini tantangan juga bagi kita sebagai organisasi pemuda di Kalimantan Selatan untuk menjaga dan melestarikan bekantan,” jelas Abdul.

Sama halnya dengan Abdul, Hilda sebagai perwakilan Sumatera Utara mengaku senang dan bangga menjadi Putri Kopi Indonesia 2023. Ajang ini merupakan pencapaiannya dalam menggapai mimpinya.

“Ketika saya masuk ke Top 5, saya merasa senang dikarenakan saya dapat melihat senyuman dari orang tua, keluarga, teman-teman bahkan dari orang yang tidak saya kenal bahwa mereka juga senang ketika saya bisa membawa nama provinsi saya ke ajang nasional dan membawa gelar baru untuk provinsi saya sendiri,” ucap Hilda.

Hilda mengatakan bahwa ia sudah beberapa kali mengikuti ajang pageant sejak 2020. Dengan keikutsertaannya dalam ajang pageant, tentu ia selalu belajar dan berproses untuk meningkatkan kemampuannya. Pada tahun ini, ia diberi kepercayaan oleh Yayasan El John Indonesia untuk menjadi runner up kedua Putra Putri Pariwisata Nusantara 2023.

Perempuan kelahiran 22 Februari 2004 ini mengucapkan rasa terima kasih kepada Tuhan karena atas berkat-Nya, Hilda bisa mendapatkan apa yang ia impikan. Selain itu, Hilda juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada Yayasan El John Indonesia yang telah memberikan peluang bagi seluruh generasi muda Indonesia untuk mengembangkan bakat, pengetahuan, dan pembelajaran yang sangat baik.

“Kemudian saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Eljohn Indonesia dimulai dari Daddy dan seluruh panitia yang terlibat. Terima kasih buat bimbingannya selama ini, arahannya, serta kehangatan di dalam sebuah ajang ini akan diingat sebagai sebuah kekeluargaan. Terima kasih juga karena ajang ini menjadikan saya sebagai seorang yang sangat pantang menyerah dan dapat menambah relasi dari Sabang sampai Merauke yang tentunya dari situ saya belajar tentang budaya, wisata dan kebiasaan dari daerah tersebut,” kata Hilda.

Kesuksesan Hilda juga tidak lepas dari peran keluarga yang selalu mendukung di setiap perjalanannya. Ia juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pariwisata Sumatera Utara, sahabat, hingga seluruh sponsor.

“Tanpa dukungan dari kalian, saya tidak akan bisa berjalan sampai sejauh ini. Dan yang terakhir yang paling inti, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada diri saya sendiri yang sudah mau terus belajar dan pantang menyerah untuk mencapai sebuah hal yang diimpikan,” kata Hilda.

Dengan gelar yang Hilda raih, ia ingin mewujudkan impuannya, yaitu membuat suatu organisasi yang mengajak seluruh generasi muda Indonesia, di mana setiap sebulan sekali mengadakan berbagai kegiatan, seperti mengunjungi suatu destinasi wisata dan membantu untuk membersihkan destinasi tersebut, bekerja sama dengan penduduk setempat dan dinas setempat.

Selain itu, Hilda juga ingin mendatangi suatu sekolah dan memberikan motivasi serta ajaran kepada seluruh murid, melakukan aksi untuk berbagi indah kepada anak anak yang berada di panti asuhan untuk memberikan motivasi dan bermain bersama serta berbagi sedekah.

“Kita semua tahu bahwa Indonesia dikenal dengan Wonderful Indonesia. Kita semua mengetahui bahwa Wonderful Indonesia adalah janji pariwisata Indonesia kepada dunia, bahwa Indonesia kaya dengan ketakjuban dari alam maupun budayanya. Wisata Indonesia dapat kita lihat dari Sabang sampai dengan Merauke, yang memiliki puluhan bahkan ratusan wisata. Banyak wistawan asing yang kagum dengan wisata kita, salah satunya Danau Toba dari Sumatera Utara, yang terbentang luas dan memiliki keindahan,” ucap Hilda.

Hilda merupakan seorang mahasiswi di Universitas Prima Indonesia program studi Farmasi Klinis. Ia juga disibukkan dengan menjadi modelling dan volunteer. Di sisi lain, ia juga sebagai presenter, hobi fashion show, bermain basket, maupun traveling.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *