LOGO YEI 2021-04
Vinsensius Jemadu: Kontes P3N 2023 Sebagai Terobosan Untuk Tingkatkan Kunjungan Wisnus

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Events Kemenparekraf RI Vinsensius Jemadu mengatakan Pemilihan Putra Putri Pariwisata Nusantara 2023 yang diselenggarakan Yayasan EL JOHN Indonesia, memberikan dampak  positif untuk meningkatkan pergerakan wisatawan nusantara (wisnus).  Kontes ini dapat membantu pemerintah memenuhi target kunjungan wisnus, yang tahun ini ditargetkan sebesar 1,4 miliar wisnus.

“Ajang pemilihan finalis Putra-Putri Pariwisata Nusantara ini, saya kira suatu terobosan yang bagus juga setelah pandemic,  mengapa karena kita kan targetkan 1,4 miliar wisatawan Nusantara pergerakannya,” kata Vinsen yang juga sebagai Ketua Dewan Juri di pemilihan Putri Pariwisata Nusantara 2023.

“Banyak  suporter finalis yang datang  ke Jakarta, mereka pasti akan menginap untuk memberikan semangat kepada finalis yang didukungnya, baik selama masa karantina hingga grand final. Belum lagi keluarganya lalu saudara-saudaranya juga ikut datang. Ini artinya apa, artinya ada pergerakan wisnus. Oleh karena itu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif benar-benar sangat mendukung kontes seperti ini ada,” tambahnya.

Vinsen mendorong para finalis untuk dapat saling berkunjung ke daerah masing-masing  agar dapat lebih merasakan pengalaman berwisata sehingga dapat memperkuat konten promosi pariwisata di daerah, apalagi saluran promosinya menggunakan media sosial yang lebih dikuasai oleh para finalis yang notabennya sebagai generasi Z.

“Mereka (finalis) harus sering visitasi ke daerah sama satu sama lain, supaya bisa mengenal juga daerah lain dengan begitu mereka akan diperkaya  dengan informasi dari daerah lain sehingga semakin banyak channel-channel promosi yang bisa dibawakan, apalagi anak-anak generasi Z  sangat melek dengan teknologi digital,” ujar Vinsen.

Menurut Vinsen, media social merupakan senjata yang ampuh untuk mempromosikan suatu produk dengan jangkauan yang tidak terbatas

“Para finalis dapat  menguasai teknologi digital dengan mudah, oleh karena itu dengan menggunakan channel media seperti ini itu akan jauh lebih efektif dibandingkan saluran yang lain,” pungkas Vincen.

Vincen berharap kedepan, semakin banyak generasi muda yang ikut  Pemilihan Putra Putri Pariwisata dan juga peran serta provinsi dapat dioptimalkan untuk mencari sosok wakilnya di kontes tingkat nasional.

“Harapan kedepan semakin banyak lagi peserta yang ikut serta. Untuk provinsi-provinsi diharapkan juga dapat  meningkatkan lagi kualitas mereka dalam memberikan wawasan sehingga kita mencari kualitas-kualitas yang betul-betul bisa di persandingan  dengan pemilihan putra-putri y di tingkat Global,” ungkap Vinsen.

Sementara itu, untuk finalis Putri Pariwisata Indonesia 2023, Vinsen menilai para finalis memiliki kemampuan yang sama rata dalam hal pariwisata. Hal ini harus dipertajam lagi sehingga dapat menguasai lebih banyak lagi materi-materi tentang  pariwisata, utamanya dalam memperkenalkan wisata dan budaya Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *