LOGO YEI 2021-04
Stok Kantong Darah Kurang, Yayasan EL JOHN Indonesia Cabang Pacitan dan PMI Kembali Adakan Donor Darah

Yayasan EL JOHN Indonesia cabang Pacitan bekerja sama dengan PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Pacitan menggelar aksi donor darah yang dilaksanakan di Kawasan Parai Beach Resort Telengria, Pacitan, Jawa Timur pada Minggu (21/5/2023).

Ketua Yayasan EL JOHN Indonesia cabang Pacitan, Suyitno, mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan secara rutin setiap tiga bulan sekali ini mendapat antusias baik dari masyarakat Pacitan.

“Respon dari masyarakat Pacitan itu Alhamdulillah sangat baik dan juga masyarakat Pacitan mendukung adanya kegiatan donor darah yang dilaksanakan oleh Yayasan EL JOHN  Indonesia cabang Pacitan, dan harapan dari masyarakat adalah harus berkelanjutan,” kata Suyitno saat diwawancarai oleh tim EL JOHN Media.

Kegiatan donor darah mendapat pendonor sebanyak 49 orang. Berbeda dari sebelumnya, donor darah kali ini didatangi lebih banyak pendonor pemula.

“Kalau untuk donor darah, sejauh ini yang pertama yaitu warga lingkungan Telengria, warga Kabupaten Pacitan, pengunjung yang masuk ke Parai Beach Resort Telengria Pacitan, dan seluruh karyawan-karyawati. Karena kita tempat wisata, jadi pengunjung yang masuk memang ingin ikut donor darah,” jelas Suyitno.

Tentu hal ini juga tidak lepas dari peran panitia yang mensosialisasikan kepada masyarakat setempat, baik melalui grup WhatsApp maupun media sosial.

“Sebenarnya kita juga sudah terbiasa melakukan donor darah, jadi satu minggu sebelumnya kita minta konfirmasi kepada PMI untuk mengagendakan kegiatan ini. Lalu untuk persiapan tempat dan sebagainya, kita memang sudah punya tempat di Yayasan EL JOHN Indonesia cabang Pacitan,” tutur Suyitno.

Kegiatan donor darah ini dilaksanakan mulai pukul 9 pagi hingga 2 siang. Adapun darah yang berhasil terkumpul sebanyak 34 kantong dengan rincian sebagai berikut:

Golongan Darah A : 7 kantong

Golongan Darah B : 14 kantong

Gilongan Darah O : 6 kantong

Golongan Darah AB : 7 kantong

Suyitno mengungkapkan, untuk bisa menjadi pendonor, dibutuhkan kondisi tubuh yang sehat, tensi normal, hingga HB juga normal. Sedangkan untuk usia, bisa ikut serta menjadi pendonor mulai umur 17 hingga 60 tahun.

Meski begitu, ada juga pendonor yang tertolak karena disebabkan oleh beberapa hal, yakni:

Tekanan Darah : 2 orang

Kadar HB : 3 orang

Usia/Berat badan : 6 orang

Lain-lain : 4 orang

Dengan adanya kegiatan donor darah ini, Yayasan EL JOHN Indonesia cabang Pacitan juga memberikan voucher gratis kepada pendonor untuk masuk ke Parai Beach Resort, disediakan makan siang dari pihak Parai, serta bingkisan dari PMI Kabupaten Pacitan berupa vitamin, susu, dan sebagainya.

Suyitno berharap, kegiatan donor darah yang dilakukan oleh Yayasan EL JOHN Indonesia cabang Pacitan dengan PMI Kabupaten Pacitan bisa terus bekerja sama dengan baik.

“Apabila dari karyawan-karyawati dari Parai Beach Resort Telengria membutuhkan darah, berarti minimal kita untuk diprioritaskan,” kata Suyitno.

Lebih lanjut, Suyitno juga menjelaskan bahwa stok darah yang ada di PMI Kabupaten Pacitan sangat kekurangan, terutama golongan darah AB. Oleh karena itu, Yayasan EL JOHN Indonesia cabang Pacitan turut membantu masyarakat setempat yang membutuhkan darah.

“Kalau kekurangan darah, paling tidak kita ambil yang terdekat di Kabupaten Ponorogo dengan menempuh jarak sekitar tiga jam,” tutup Suyitno.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *