LOGO YEI 2021-04
Martinus Johnnie Sugiarto: Networking Sangat Penting Bagi Finalis PBI 2023

Ketua Umum Yayasan EL JOHN Indonesia, Martinus Johnnie Sugiarto, memberikan pembekalan kepada seluruh finalis Putri Bumi Indonesia 2023 di Ibis Budget, Daan Mogot, Jakarta Barat pada Jumat (12/5/2023).

Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain dalam hal apapun, oleh karena itu, Johnnie menjelaskan kepada seluruh finalis bahwa penting mempunyai jaringan atau kerja sama dengan orang lain agar dapat mempermudahkan segala urusan dan bisa memperluas jaringan.

“Kalau kita nggak punya networking, kita bukan siapa-siapa. Orang nggak tahu kita kok, orang-orang pada nggak kenal kita. Jadi networking itu punya nilai abstrak. Kita nggak tahu nilai itu kapan akan menjadi sangat besar, faedahnya kita nggak tahu kapan, tetapi networking itu tetap kita sangat membutuhkan,” ucap Johnnie.

Johnnie menambahkan, jaringan kepada orang lain sangat penting, sehingga jangan mengabaikan atau memutus tali silaturahmi yang sudah dibangun. Selain itu, Johnnie juga memberikan pesan kepada seluruh finalis bahwa harus bersikap dengan baik kepada semua orang dalam situasi apapun.

“Semua mata memandang ke panggung, nggak ada orang duduk membelakangi panggung. Semua orang kalau duduk kan pasti menghadapnya begitu. Anda harus mempersiapkan diri dengan baik sehingga Anda itu betul-betul dihargai orang, dikagumi orang di atas panggung,” jelas Johnnie.

Johnnie menjelaskan bahwa ada tiga hal yang harus diperhatikan untuk membangun jaringan, yaitu :

What you see, Anda akan melihat orang yang akan Anda temui seperti apa, dan orang yang mau menemui Anda akan melihat Anda seperti apa.

What you say, berkomunikasi dengan baik sehingga orang akan menghargai Anda. Dalam artian Anda harus mempersiapkan dengan benar apa yang Anda ingin bicarakan.

What you do, apa yang kamu lakukan kepada orang lain akan berdampak pada diri kamu sendiri. Jika Anda melakukan sesuatu yang buruk kepada orang lain, maka orang lain tidak akan menghargai Anda.

“Jadi intinya tiga ini adalah merupakan serangkaian yang tidak bisa dipisahkan. What you see, what you say, what you do adalah tiga serangkai yang tidak bisa dipisah-pisahkan dan tidak bisa dijalankan. Jadi ini adalah tiga serangkai yang harus Anda kerjakan secara menyeluruh. Kalau Anda latihan tiga ini, Anda latihan dengan baik, Anda menguasai materi dengan baik. Pada saat Anda sendiri buka pabrik atau buka PT, Anda kerja sama atau harus ketemu orang, Anda sukses jauh lebih besar daripada Anda tidak menjalankan tiga ini,” kata Johnnie.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *