LOGO YEI 2021-04
Raih Hasil Terbaik, Wenda Yunita Tarigan Didapuk Menjadi Putri Bumi Indonesia 2023

JAKARTA – Malam Grand Final Putri Bumi Indonesia 2023 yang diinisiasi oleh Yayasan EL JOHN Indonesia kembali sukses melahirkan generasi baru Putri Bumi Indonesia di tahun 2023 ini.

Terpilih menjadi yang terbaik dari 20 finalis Putri Bumi Indonesia 2023, Wenda Yunita Tarigan berhak mengenakan mahkota dan meraih gelar Putri Bumi Indonesia 2023. Malam Grand Final Putri Bumi Indonesia 2023 ini diadakan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pada Sabtu malam (13/05/2023).

Wenda sendiri berhasil tampil dari finalis lain yang masuk lima besar juga meraih gelar yakni Suci Ananda (Putri Bumi Indonesia Flora dan Fauna 2023/Runner Up 1), Dessy Rahelia Siagian (Putri Bumi Indonesia Udara 2023/Runner Up 2)Laurentia Maria (Putri Bumi Indonesia Air 2023/Runner Up 3) dan Intania Putri Mardiyani (Putri Bumi Indonesia Energi Hijau 2023/Runner Up 4).

Melalui ujian yang tak mudah, untuk menjadi pemenang Wenda harus melewati dua tahapan yakni masuk 10 besar dan 5 besar. Pada babak 5 besar, Wenda bersama empat finalis lainnya harus menjawab pertanyaan dari lima dewan juri. Pertanyaan yang dilontarkan para dewan juri tersebut diantaranya seputar isu lingkungan, pariwisata berbasis lingkungan dan kepribadian.

Para finalis diberi waktu 60 detik untuk menjawab pertanyaan dewan juri. Setelah lima finalis menyelesaikan sesi tanya jawab, para dewan juri berembuk untuk menentukan siapa yang berhak mengenakan mahkota Putri Bumi Indonesia 2023 berdasarkan nilai tertinggi dan berhak mengenakan mahkota Putri Bumi Indonesia 2023.

Penilaian yang diberikan oleh dewan juri tersebut sebenarnya tidak hanya dilakukan saat malam Grand Final, namun juga dari akumulasi sejak para finalis menjalani masa karantina, yang dimulai pada 7 Mei 2023 di Hotel Ibis Budget, Daan Mogot, Jakarta Barat.

Di masa karantina inilah para finalis mendapatkan pembekalan dari berbagai pembicara yang kompeten dan sangat luar biasa. Selain itu di hadapan dewan juri, seluruh finalis telah menunjukan bakatnya seperti menari, menyanyi dan lain-lain. Sehingga hasil yang didapatkan menjadi sebuah penilaian objektif dan cukup dapat dipertanggungjawabkan.

Kelima dewan juri tersebut adalah Donny de Keizer (Chairman of IPSA Indonesian Professional Speakers Association) sebagai Ketua Dewan Juri, kemudian untuk anggota Dewan Juri diisi oleh Lucia Karina (Wakil Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia)Ampunghuang R Patriadi (Environmentalist, Recycling Enthusiast & Scuba Divemaster/ Co-founder of Seambodive)Ratu Vashti Annisa (Miss Earth Indonesia 2018) dan Cinthia Kusuma Rani (Miss Earth Indonesia 2019).

Dalam sambutannya, Ketua Umum Yayasan EL JOHN Indonesia Martinus Johnnie Sugiarto yang bertindak juga sebagai Dewan Juri Kehormatan mengucapkan selamat kepada Wenda selaku pemenang kontes Putri Bumi Indonesia 2023 dan juga para keseluruhan finalis.

Johnnie menyebutkan agar gelar tersebut dapat memompa semangat untuk menjaga dan melestarikan bumi. “Kalian semuanya sudah menjadi pemenang, semoga kalian memiliki semangat dan tekad yang kuat untuk menjaga dan melestarikan bumi. “Bumi yang kita cintai ini layak buat anak cucu kita dan bisa memberikan kemakmuran bagi seluruh umat manusia,” ungkap tokoh Pariwisata Nasional ini.

Johnnie juga berpesan kepada pemenang, untuk selalu menjaga attitude di mana pun berada dan tonjolkan sikap wanita Indonesia yang ramah dan sopan.

Sementara Donny de Keizer selaku Ketua Dewan Juri mengatakan tidak mudah dalam memberikan penilaian kepada para finalis karena memiliki kemampuan yang merata. “Sejujurnya kalau boleh memilih, malam ini ada 10 finalis Putri Bumi Indonesia dan kesepuluhnya harus menjadi Juara 1. Namun tentu kita harus memilih Best of The Best,” ungkapnya.

Donny juga mengapresiasi Yayasan EL JOHN Indonesia yang ternyata sudah memasuki usia 51 tahun, masih terus eksis dalam mengelola kegiatan seperti ini. “Ini merupakan langkah luar biasa, yang tentunya telah melalui mekanisme sistem dan pola mulai dari perekrutan sampai kemudian karantina dan tampil pada malam grand final ini,” ujar Donny.

Sebagai pemuncak dan menjadi yang terbaik di malam grand final Putri Bumi Indonesia 2023 ini, Wenda Yunita Tarigan mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum Yayasan EL JOHN Indonesia yang telah mempercayakannya untuk menjadi Putri Bumi Indonesia 2023. Kepercayaan tersebut akan dilaksanakannya dengan sebaik mungkin.

Acara Malam Grand Final Putri Bumi Indonesia 2023 ini juga dimeriahkan oleh drama musikal dari Teater Keliling dengan mengusung tema “WARISAN”. Drama musikal ini merupakan karya dari Rudolf Puspa, salah satu pendiri Teater Keliling. Yang lebih menariknya, para finalis Putri Bumi Indonesia 2023 ikut ambil bagian dalam drama musikal ini.

Tahun ini, pemilihan Putri Bumi Indonesia 2023 mengangkat tema “Invest in Our Planet”. Tema tersebut sesuai dengan tema yang diangkat pada hari bumi sedunia. Tema ini diusung sebagai misi “dunia” menandakan untuk mengingatkan manusia untuk menjaga lingkungan, memulihkan ekosistem yang rusak dan menjalani kehidupan yang lebih berkelanjutan./ JOURNEY OF INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *