LOGO YEI 2021-04
Grand Final Berlangsung Sukses, Gelar Putri Bumi 2023 Diraih Oleh Wenda Yunita Tarigan

JAKARTA—Grand Final Pemilihan Putri Bumi Indonesia 2023 yang digelar  Yayasan El John Indonesia  di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) Jakarta, Sabtu (13/5) malam berlangsung sukses. Gelar Putri Bumi Indonesia 2023 diraih oleh finalis asal Sumatra Utara Wenda Yunita Tarigan.

Putri Bumi Indonesia 2023 berfoto bersama tamu kehormatan.

        Usai disematkan seledang dan mahkota, Wenda  menyampaikan ucapan terima kasih  kepada Yayasan El John Indonesia yang  telah mempercayakannya  menyandang Putri bumi Indonesia 2023.

        Finalis yang keluar sebagai pemenang ditentukan berdasarkan penilaian dari lima dewan juri. Terdiri dari Donny de Keizer (Chairman of IPSA Indonesian Professional Speakers Association) sebagai Ketua Dewan Juri, kemudian untuk anggota Dewan Juri Lucia Karina (Wakil Ketua Umum  Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia), Ampunghuang R Patriadi (Environmentalist, Recycling Enthusiast & Scuba Divemaster/ Co-founder of Seambodive ), Ratu Vashti Annisa Miss Earth Indonesia 2018 dan Cinthia Kusuma Rani (Miss Earth Indonesia 2019).

Putri Bumi Indonesia 2023 Wenda Yunita Tarigan (tengah) bersama pemenang runner up 1,2, 3 dan 4.

Sementara itu, Ketua Umum Yayasan EL JOHN Indonesia Martinus Johnnie Sugiarto bertindak sebagai  Dewan Juri Kehormatan.

Pada Malam Grand Final,  dewan juri mengerucutkan jumlah finalis sebanyak dua kali yakni 10 besar dan 5 besar.  Finalis yang lolos di 10 besar  dan 5 besar merupakan finalis yang memiliki nilai tertinggi. 

Di babak 5 besar, finalis yang lolos harus menjawab pertanyaan dari   dewan juri, di antaranya  seputar pelestarian lingkungan, pariwisata berbasis lingkungan dan  kepribadian.

Penilaian dari Dewan Juri,  tidak hanya dilakukan saat malam Grand Final, namun sudah berjalan sejak para finalis menjalani masa karantina ,yang dimulai pada 7 Mei 2023 di Hotel Ibis Budget, Daan Mogot, Jakarta Barat.

Martinus Johnnie Sugiarto dan Suryadi.

Pada masa  karantina para finalis  mendapatkan pembekalan dari berbagai pembicara yang kompeten dan sangat luar biasa. Selain itu di hadapan dewan juri,  seluruh finalis telah  menunjukan bakatnya seperti menari, menyanyi dan lain-lain. Tak berhenti disitu, di penghujung karantina,  para finalis menjalani sesi wawancara dengan dewan juri secara bergantian.

Ketua Umum  Yayasan El John Indonesia Martinus Johnnie Sugiarto mengucapkan selamat kepada pemenang kontes Putri Bumi Indonesia 2023. Dengan gelar tersebut, diharapkan bisa memompa semangat untuk  menjaga dan melestarikan bumi.

“Kalian semuanya sudah menjadi pemenang, semoga kalian memiliki semangat dan tekad yang kuat untuk  menjaga dan melestarikan bumi,  agar bumi yang kita cintai ini layak buat anak cucu kita dan bisa  memberikan kemakmuran bagi seluruh umat manusia,” kata tokoh Pariwisata Nasional ini.

Para finalis Putri Bumi 2023 berlaga pada malam grand final.

“Saya juga berpesan,  untuk selalu jaga attitude di mana pun anda berada dan tonjolkan sikap Wanita Indonesia yang ramah dan sopan,” tambahnya.

Tahun ini, pemilihan Putri Bumi Indonesia 2023 mengangkat tema Invest in Our Planet. Tema tersebut sesuai dengan tema yang diangkat pada  Hari Bumi sedunia. Tema ini diusung sebagai misi “dunia” menandakan untuk mengingatkan manusia untuk menjaga lingkungan, memulihkan ekosistem yang rusak dan menjalani kehidupan yang lebih berkelanjutan. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *