LOGO YEI 2021-04
Dewan Juri Berharap Para Pemenang Miss Chinese Indonesia 2022 Tidak Berhenti Belajar

Kimberlyn Sugianto terpilih sebagai Miss Chinese Indonesia 2022. Nama Kimberlyn diumumkan sebagai peraih gelar tertinggi di kontes yang diselenggarakan Yayasan EL JOHN Indonesia itu, saat malam Grand Final Miss Chinese Indonesia 2022 yang dilangsungkan  di Hao Di Fang Restaurant, Season City, Jakarta Barat, pada Kamis malam  (01/12/2022).

Selain Kimberlyn, ada lima finalis lain yang juga mendapat gelar. Mereka adalah finalis yang masuk enam besar yakni  Felita Delfina Fong (Miss Chinese Indonesia Tourism 2022), Joan Angelina (Miss Chinese Indonesia Culinary 2022), Josi Lim (Miss Chinese Indonesia Culture 2022), Yeung Wai Wai (Miss Chinese Indonesia Entrepreneur 2022) dan Nichelle Versailline Izzy Prawito (Miss Chinese Indonesia Medical 2022).

Ketua Dewan Juri Miss Chinese Indonesia 2022 Hasan Karman yang juga sebagai seorang budayawan, mengucapkan selamat kepada para pemenang. Tidak mudah bagi lima dewan juri untuk memilih para pemenang, pasalnya semua finalis memiliki kemampuan yang hampir sama.

Menurut Hasan Karman, penilaian yang diberikan  dewan juri mengacu beberapa hal seperti kepribadian finalis, pengetahuan tentang akulturasi budaya Tionghoa-Indonesia serta public speaking. Tak hanya saat malam Grand Final, penilaian juga dilakukan saat para finalis menjalani masa karantina.

“Akhirnya kami menghasilkan angka yang tepat untuk masing-masing peserta dari situ kami ambil angka yang paling tinggi untuk juara pertama, kedua dan seterusnya. Itu semua tidak gampang prosesnya tapi kita objektif menilainya,” sambung Hasan Karman saat diwawancara tim liputan EL JOHN Media.

Hasan Karman yang pernah menjadi Walikota Singkawang periode 2002-2012 ini, berpesan kepada para pemenang untuk tidak pernah berhenti belajar tentang budaya Tionghoa-Indonesia. Hal ini penting agar  finalis dapat lebih dalam lagi memahami keberagaman  budaya Tionghoa-Indonesia dan nantinya dapat memperkenalkan budaya tersebut ke dunia.

“Saya mendorong mereka untuk terus belajar. Karena mereka mewakili budaya Tionghoa-Indonesia dan  sebagai suku Tionghoa Indonesia,  dia juga harus menguasai kebudayaan Indonesia karena dia hidup di Indonesia,” kata Hasan Karman.

Selain itu, Hasan Karman juga berharap para pemenang  dapat maksimal dalam menjalankan tugasnya selama satu tahun kedepan.  Waktu satu tahun merupakan waktu yang cukup lama sehingga dapat terencana dengan matang dalam membuat program kerja.

“Saya dan para dewan juri yang lain agar dalam satu tahun kedepan mereka bisa berfungsi sesuai predikat yang diberikan kepada mereka, karena setahun kemudian akan ada lagi kontes yang sama untuk menentukan juara-juara berikutnya. Tugas mereka hanya satu tahun,” tutur Hasan Karman.

Hal senada juga disampaikan dewan juri lain, salah satunya Ruby Herman. Property Influencer and Content Creator ini, berharap para pemenang dapat memperkenalkan akulturasi budaya Tionghoa-Indonesia kepada masyarakat internasional.

“Buat para pemenang wujudkan dan emban tugas sebagai Miss Chinese Indonesia 2022 dan terus membawa culture budaya Chinese mendunia,” kata Ruby Herman.

Ruby Herman juga berharap kepada Yayasan EL JOHN Indonesia untuk tidak putus menyelenggarakan Miss Chinese Indonesia. Menurutnya, pemilihan Miss Chinese Indonesia menjadi wadah yang tepat bagi generasi muda suku Tionghoa-Indonesia untuk belajar tentang akulturasi budaya Tionghoa-Indonesia.

“Menurut saya Miss Chinese Indonesia harus terus diselenggarakan karena bisa membuat generasi muda tambah memahami  tentang  budaya Tionghoa Indonesia, tradisinya dan bahasanya  serta dapat menjalankan budaya tersebut dalam kehidupan sehari-harinya,” terang Ruby Herman

“Buat Yayasan EL JOHN Indonesia selamat dan terima kasih sudah mengemban tugas yang lumayan berat tapi dikerjakan dengan luar biasa dan banyak support. Terima kasih juga buat para sponsor-sponsor yang mendukung Yayasan EL JOHN Indonesia sehingga bisa melestarikan dan juga membuat kebudayaan Tionghoa Indonesia mendunia,” tutup  Ruby Herman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *