LOGO YEI 2021-04
Putri Bumi Indonesia 2021 Bersama Dinas KPKP DKI dan Yayasan Swara Peduli Indonesia Lakukan Panen Melon Hydroponic

Putri Bumi Indonesia 2021, Eunike Suwandi  melakukan panen Melon Hydroponic di Area Perkebunan Yayasan Swara Peduli Indonesia di Jalan Pemancingan Bahri, Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur,pada Rabu pagi (06/04/2022).

Dalam melakukan panen melon  ini,  Eunike tak sendiri, ia  didampingi  PLT Kepala Seksi Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP)  Jakarta Timur , Siti Halimah dan Hardi selaku Perwakilan Yayasan Swara Peduli Indonesia.

Perkebunan Melon dengan sistem hydroponic  ini, digarap oleh sejumlah istri pemulung yang menjadi binaan Yayasan Swara Peduli Indonesia. Selama melakukan proses tanam ini, Sudin KPKP Jakarta Timur selalu memberikan edukasi dan pendampingan agar melon yang ditanam dapat berbuah manis.

Jenis melon yang sedang panen ini, adalah melon Chamoe atau yang dikenal dengan melon korea. Varietas melon in,i selintas mirip dengan timun suri, karena ukurannya yang mini dan warna buahnya kuning.  

Buah melon jenis ini,  memiliki kadar air hingga mencapai 90% dan sudah memenuhi syarat untuk dapat diekspor.  Tujuan mengembangkan melon chamoe dengan sistem hidroponik dikarenakan untuk mencegah penularan serangan hama dan penyakit tanaman melon. Perawatan tanaman pun juga lebih mudah, dimana penyiraman dan pemupukan dapat  dilakukan secara otomatis dan bersamaan.

Melon yang sedang panen tersebut,  terdapat di dalam green house dengan media tanam pipa. Tak hanya melon Chamoe, di perkebunan ini juga ditanam melon jenis Golden Alisha yang diperkirakan akan panen beberapa minggu kedepan

Eunike mengaku senang dapat dilibatkan dalam kegiatan yang penuh manfaat ini dan tak lupa, ucapan terima kasih disampaikan Putri binaan Yayasan EL JOHN Indonesia itu kepada Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta, Sudin KPKP Jakarta Timur dan Yayasan Swara Peduli Indonesia yang menggagas proses penanaman Melon mulai dari awal tanam  hingga panen.

Eunike berharap, ada bantuan lain yang diberikan pemerintah kepada para pemulung di lokasi ini,  yang telah membuktikan usaha dalam melakukan budidaya melon.

“Ada 700 kepala keluarga yang mayoritas pemulung di lokasi  ini, dan  salah satu bentuk usaha mereka adalah perkebunan ini. Ini membuktikan bahwa mereka bisa menghasilkan yang bermanfaat dan  memiliki potensi yang sama dengan kita semua,” ujar mahasiswi cantik  di  LSPR Communication and Business Institute ini.

Eunike pun siap untuk menjalin kolaborasi dengan Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta, Sudin KPKP Jakarta Timur dan Yayasan Swara Peduli Indonesia dalam mengembangkan tanaman hydroponic di Jakarta.

“Saya senang dapat berkolaborasi semoga dapat berkelanjutan dan saya juga siap untuk mempromosikan komoditas pertanian yang ada di Jakarta,” ungkap Eunike

Sementara itu, PLT Kepala Seksi Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Sudin KPKP Jakarta Timur Siti Halimah   berharap kedepannya Eunike bisa terus membantu pemerintah Provinsi DKI Jakarta mempromosikan produk-produk pertanian petani lokal DKI Jakarta.

Ia menjelaskan pihaknya membutuhkan lebih banyak relawan lagi untuk membantu menggarap lahan pertanian di Jakarta agar memaksimalkan produktivitas masyarakat, utamanya masyarakat kurang mampu.

“Kita akui ya kita butuh relawan seperti mba Eunike, karena dengan bantuan relawan maka akan dapat mempermudah dalam mengembangkan komoditas pertanian yang ada di kota Jakarta,” ujar Siti Halimah.

Sementara itu, Hardi selaku Perwakilan Yayasan Swara Peduli Indonesia mengatakan garapan perkebunan Melon ini telah ada Sejak tahun 2016, beberapa pihak telah membantu pembangunan lahan ini salah satunya Kementerian Sosial.

Ia berharap melalui aktivitas Eunike di Lahan Perkebunan ini, bisa mengundang banyak tokoh baik pemerintah maupun swasta untuk tergerak membantu memaksimalkan lahan perkebunan yang juga dilengkapi dengan perpustakaan mini untuk anak-anak para pemulung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *